Kumpulan tips dan trik perbaikan untuk printer brother

CARA MENGATASI PAPER JAM PRINTER BROTHER TYPE MFC,DCP DAN INK TANK

Artikel terkait : CARA MENGATASI PAPER JAM PRINTER BROTHER TYPE MFC,DCP DAN INK TANK

Pengguna printer brother sering kali mendapat kasus paper jam,nah pada kali ini saya kan memberi tips mengatasi paper jam dengan mudah
  • Cek dahulu apakah ada kertas yang tersangkut pada printer,buka penutup belakang printer apabila ada yg tersangkut tarik pelan - pelan melalui penutup belakang,apabila kertas sudah hampir keluar tarik melalui depan,seperti gambar berikut :

( tarik katup berwarna hijau ke arah belakang apabila kertas tersangkut di bagian depan )
  • Apabila masih error paper jam coba cek bagian print head,apabila posisi print head seperti gambar ini :

  • Posisi print head tidak berada di ujung sebelah kanan seperti di gambar,itu akan muncul notifikasi paper jam.
  • Cara mengatasi nya geser print head ke bagian kiri,di bawah print head ada katup putih yang bernama maintenance unit yang menghalangi jalan print head ke bagian ujung kanan,tekan kebawah katup putih tersebut sampai posisi print head pas di ujung sebelah kanan.
  • Berikut nya cek encoder strip apakah ada kotoran,seperti bercak tinta dan lain - lain,bersihkan kotoran tersebut dengan kain halus + alkohol,berikut gambar encoder strip nya 

  • Yang terakhir coba cek sensor registration pada bagian penutup belakang printer,seperti gambar berikut :
  • Perhatikan gambar yang dilingkari tersebut,apabila posisi nya berdiri berarti normal,apabila miring ke bagian dalam printer,berarti ada komponen yang patah,itu bisa menyebabkan paper jam.
Apabaila masih kurang mengerti berikut saya lampirkan link video nya :


Demikian postingan cara mengatasi paper jam pada printer brother,apabila ada yang kurang mengerti silahkan tanyakan di kolom komentar.

Artikel Master-Printers Lainnya :

39 komentar:

  1. bagaimana cara mengatasi printer brother type mfc-j3520 selalu di bilangnya lepaskan kertas macet depan belakang ? padahal nggak ada kertas yang nyangkut satu pun sdh di bongkar berulang kali, haed udh di cuci, PCB head sensor strif di bawahnya PCB sdh di bersihkan msh saja di bilangnya di layar lepaskan kertas mct depan belakang, sensor penarik kertasnya msh normar kabel panjang yang bening sdh di bersihkan juga msh ttp hasilnya, ituh knpa ya ? minta tolong bagaimana cara mengatasi solusinya, Terimakasih..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bersihkan sensor bawah pompa nya bos kadang kotor/kena tinta

      Hapus
  2. Itu pasti registration sensor nya bermasalah mas,coba di bersihkan saja registration sensor nya,apabila tidak tahu letaknya.coba lihat pada postingan saya di atas.tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan yang sama dg Rahmadi Dayat_khanGoezels...
      cara membersihkan registration sensor gimana...
      mohon pencerahannya..... Terimakasih.....

      Hapus
  3. Terima Kasih gan, infonya sangat bermaanfat. 2 jam ane di bikin pusing sama printer ini. ane baca di web resmi Brother, makin pusing karena ga berhasil. haha.

    BalasHapus
  4. mengapa printer brother MFC J625WD layar ada tulisan document jam padahal printer tersebut masih baru alias jarang di pakai namun saya coba untuk ngeprin bisa bagai mana solusinya karena printer tersebut saya gunakan juga sebagai fax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas putra, untuk document jam pasti kotoran dll di sensor printer,coba di bersihkan saja dulu.apabila masih error coba cek sensor di maintenance,untuk masuk ke maintenance ada pada postingan lain saya.trims

      Hapus
  5. malam Mas ... printer saya MFC J-j5910dw "No Paper Fed" padahal ada kertas dalam baki

    BalasHapus
  6. siang mas saya sudah coba yang sperti yang mas sampaikan tapi belum juga masih paper jam tipe brother DCP-J100

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas postingan nya, sangat membantu saya menyelesaikan masalah paper jam yang saya alami pada printer saya.

    BalasHapus
  8. Kalau kertas macet d tengah ngeprint gmna solusi.a ya??

    BalasHapus
  9. Bila ada kendala hasil print nya ada garis horizontal hitamnya.. Itu masalahnya dimana ya???

    BalasHapus
  10. mas kira" kenapa ya printer saya suka error "Tdk Bisa Cetak 3X" trus bunyi 'krekkkrekkkk' abis itu pasti paper jam tanpa kertas.. kira" yang kena masalah bagian mana ya?
    terima kasih

    BalasHapus
  11. mas printer saya brother tipe dcp j105, paper jam tapi saya periksa malah ga ada kertas sama sekali, cara mengatasi nya gimana?

    BalasHapus
  12. apa solusi utk unable init 8F

    BalasHapus
  13. Mas printer saya brother T300
    Setiap kali ngeprint foto selalu paper jamp, tapi kalau ngeprint kertas biasa aman.. Ada solusi ga mas ?

    BalasHapus
  14. mas printer q tipe mfc-j625dw dipake ngeprint lancar tapi di pake fotocoy selalu paperjam solusinya gimana ya??trimakasih sebelumnya
    padahal langkah di atas sudah tak jalankan sesue postingan...tetep blm ada solusi, mohon petunjuk

    BalasHapus
  15. print saya tulisanya " close ink cover" cara mengatasinya gmna.?

    BalasHapus
  16. Pagi Mas, kami punya printer mfc-j5910dw tertulis "No Paper Fed" padahal ada kertas dalam bak, mohon pencerahanya alamat email kami golkarmerauke2@gmail.com

    BalasHapus
  17. mau tanya, printer saya brother mfc j200. printer saya tidak bisa digunakan dan ada tulisan ( tidak dapa dnslss30, lihat solusi di buku panduan pengguna ) gimana itu cara nmengatasinya, terima kasih.

    BalasHapus
  18. Sangat berguna mas. Trimkasih banyak......

    BalasHapus
  19. Kalau warna itam bagian tinta nya gak ke sensor caranya gimana

    BalasHapus
  20. Mas printer brother MFC-J3520 saya penyerap tinta penuh. Saya sudah reset reset nya purge nya masih ttidak berhasil,mohon solusinya?

    BalasHapus
  21. Mas klw brather t300 klw ngepint kertas nya menceng gak lurus garis tepi nya ap ya solusinya?

    BalasHapus
  22. Mas klw brather t300 klw ngepint kertas nya menceng gak lurus garis tepi nya ap ya solusinya?

    BalasHapus
  23. Bagaimn silusinya print brother tipe 1616nw mengatan buka tutup atas dn buka tutu pemindai.ganti katrid toner.maksudnta

    BalasHapus
  24. Bagaimana jika mesin menyala tapi hanya layar putih yang muncul,??? Mesin tidak bisa dipakai buat ngeprint ataupun fotocopy

    BalasHapus
  25. bagaimna mengatasi paper jam seri MFC-j5910dw
    kertas tdk ada sangkut dalam mesin
    trims

    BalasHapus
  26. Pagi mas, saya menggunakan printer mfc-j3720 tiap habis ngeprint muncul error lepaskan kertas macet. tapi setelah penutup atas diangkat lalu ditutup lagi kembali normal. begitu seterusnya. mohon solusinya mas, terima kasih.

    BalasHapus
  27. Mantenance 4
    gimana solusinya pak?

    BalasHapus
  28. Pagi mas kenapa printer sering paper jam pada saat ngeprin banyak lebih dari 10 lembar..

    BalasHapus
  29. brother MFC-B7715DW mas kenapa ya printer saya ada tulisan tidak bisa mencetak ob

    BalasHapus
  30. Mas, mau tanya
    Brother j3530 dilayar tertulis TDK BISA PRINT 48. Pdhal head print jg gk nyangkut. Udah diotak atik tetep keluar begitu. Tlg bantu solusinya mz... Tengkyu.
    Dikejar deadline 3 hr 1200 undangan 😭😭😭

    BalasHapus
  31. Malam Mas, printer brother MFC-J6710DW sy kadang nyala, kadang ga. Klo pun nyala paling layarnya putih atau kedip2. Oh ya, mesinnya dah lama ga kepake krna paper jam, tp bisa tuk dipake scan berkas. Dah coba cr solusi berkli-kli gak brhsl atasi paper jam, akhirnya tak biarkan gitu ja. Terakhir ta coba, udah g mo respon sm skli, layrnya udah g nyala jg, bgian dlm mesinnya malah jd sarang semut. Mohon solusinya n makasih sblmny.

    BalasHapus

Copyright © 2015 Master-Printers | Design by Bamz